SHINee’s Dream Girl: ‘The Misconceptions of You’ Review [PART 2]

Oke, di postingan sebelumnya kita udah bahas tentang teaser foto untuk comeback SHINee di 2013 dengan album Chapter 1 dari Dream Girl yang dikasi judul ‘Misconceptions of You’. Kalaupun secara resmi dari SM-nya sendiri, Visual & Art Director-nya bilang kalau style yang ditunjukkan masing-masing member di album jacket itu merepresentasikan fantasi dari masing-masing membernya dan juga image dan tipe ideal yang mereka cari. Jadi kesimpulannya, masing-masing foto adalah cita-cita yang mereka ingin capai (kalau mereka tidak jadi idol). Oke coba dijabarkan.
*
*
 
 

1. Foto Taemin duduk di tangga berarti tipe ideal dan image yang ingin ditampilkan Taemin adalah tukang bangunan. Mungkin Taemin dulu pernah bercita-cita menjadi tukang bangunan. Pekerjaan mulia yang membantu orang-orang untuk memperoleh rumah sesuai dengan yang mereka bayangkan. Foto Taemin yang lagi bawa Kuda berarti dia ingin jadi peternak kuda.
 
2. Foto Minho dengan bedak tebel itu mungkin menunjukkan fakta bahwa dia memang pengen jadi pemain kabuki atau geisha. Sementara maksud dari menggenggam kapuk-kapuk-kapas-kapas-putih-putih itu mungkin dia dulu pengen jadi tukang kasur. Atau tukang cotton candy
 
3. Foto Onew yang lagi main recorder dan duduk diatas kuda kayu adalah gambaran bahwa Onew ingin menjadi Cowboy. Bukan Cowboy Junior bukan. Tapi Cowboy beneran yang kayak di film-film Amerika itu. Trus disaat yang sama dia bawa recorder supaya dia bisa manggil ular-ular yang ada di gurun. Buat jadi temen main. Jarang-jarang kan cowboy main sama ular. Lalu bagaimana dengan foto yang berselimutkan gorden? Bisa jadi Onew punya hasrat lain yaitu jadi tukang gorden atau semacamnya. Dan foto yang ada Donald Bebeknya, ya karena dia ngefans sama Donald Bebek. Dan ingin jadi Bebek.
 
4. Foto Jonghyun yang gigitin bintang bintang itu mungkin merepresentasikan kondisi perutnya yang lagi lapar.
 
5. Foto Key dengan boneka kayu itu jelas menunjukkan kalo dia pengen jadi petinggi illuminati. #LOH Atau paling nggak jadi tukang santet.
 
Visual & Art Director-nya juga menambahkan bahwa kita boleh men-judge sendiri dan boleh berimajinasi sendiri tentang konsep foto yang SHINee berikan di album jacket mereka kali ini. So, semua yang gue tuliskan diatas bisa jadi benar (karena pada dasarnya nggak ada ide yang salah). Tapi gue suka konsepnya kali ini karena sederhana. Kalo dibilang ini keinginan para member sendiri, bisa kita apresiasi karena jadinya sederhana tapi keren!
*

*
Oke, seharusnya kalimat pembukaan diatas itu adalah bagian dari postingan sebelumnya tapi karena tadi itu idenya lagi mampet dan baru bisa ditulis di postingan ini jadi yah gapapalah yah masih nyambung juga kan.

Nah, di postingan ini fokus kita adalah tracklist yang ada di album Chapter 1. Dream Girl ‘Misconceptions of You’ ini.

Kalau di album ‘Lucifer’, SHINee memberikan 13 lagu yang sangat-sangat menarik untuk di dengarkan (serius semua lagu di album itu gue suka dan gue tahu walaupun gue nggak hapal liriknya) dan ditambah dengan 3 lagu di album repackaged ‘Hello’ jadi total ada 16 lagu, di album Chapter 1 ini, kita baru dikasi denger 9 lagu saja. Angkanya familiar kayak jumlah member grup apaaa gitu ya. #EA #CHERRYBELLE #EA #SNSD #EA #XO-IX

Selama tiga hari terakhir ini gue mencoba untuk mendengarkan satu per satu lagunya dan merasa terpuaskan, walaupun tidak mencapai klimaks. Bahasa gue najis banget. Maksudnya, sembilan lagu di Chapter 1 ini semuanya sangat enak untuk di dengar dan semuanya easy listening. Nggak ada yang beat-nya terlalu cepat, nggak ada yang terlalu berisik. Kalau di Lucifer kan ada tuh lagu yang wah kayaknya ribut gitu, contoh: Ready or Not sama Shout Out misalnya. Nah kalo di album Chapter 1 Dream Girl ini, nggak ada yang seberisik itu. Semuanya masih ada di batas normal.

Tapi, sesempurnanya sesuatu pasti ada minusnya juga kaaaan…. Nah, menurut gue pribadi, lagu-lagu di album ini semuanya seragam. Nada-nadanya hampir sama. Jadi kalo misalnya lo dengerin dari track 1 sampai track 9 sambil misalnya ngerjain sesuatu, makan, atau sambil sms-an atau apalah, pasti lo nggak akan sadar itu lagu udah pindah track beberapa kali. Perumpamaannya seperti itu. Karena semuanya seperti satu lagu yang sama. Sebenarnya ini bisa berarti kekurangan bisa juga jadi kelebihan sih. Kelebihannya ya karena semuanya beat-nya setipe jadi ya nggak kerasa aja udah abis gitu lagunya nggak perlu nunggu lama. HAHAHAHA nggak jelas. Gue agak susah menuliskannya tapi sebenarnya dengan 9 track lagu yang hampir sama ini bagus juga. Aduh lo harus dengerin deh semuanya dengan baik.

Kekurangan yang lain yang menurut gue fatal adalah: NGGAK ADA LAGU SLOW DI CHAPTER 1. ARRRRGGGHHHH Padahal gue tuh ngefans banget sama suara Onew & Jonghyun kalo nyanyiin lagu ballad melow galau gitu OTL. Pengen dengerin yang macem Obsession, Quasimodo atau Your Name gitu loh. Atau yang kayak The Name I Loved deh. Suka banget yang kayak-kayak gitu. Nah, karena di LOEN TV waktu itu SHINee udah pernah perform satu lagu yang judulnya ‘떠나지 못해’ gue rasa semua lagu slow mellow akan dirilis di Chapter 2. Nah ini membawa kita ke pembahasan selanjutnya!

Track pertama di album ini judulnya ‘Spoiler’. Jonghyun sendiri yang menulis liriknya. Seperti halnya judulnya, sebenarnya lagu ini adalah rangkuman dari keseluruhan lagu yang ada di album Chapter 1 dan sepertinya juga ada di Chapter 2. Oke silahkan dinikmati dulu lirik translation-nya:

SPOILER by SHINee

*

It’s been a while, DREAM GIRL, did you wait for me?
The heat in my body rises like a fire
When everyone sees me, they CAN’T LEAVE – it’s natural
*
Nightmare (My side is for you)
The nights without me (I’ll HITCHHIKE you, who was lost)
Danger to you, who forgot about my existence
Like DYNAMITE, blast it all up
*
Let’s Go!
*
You didn’t even imagine about this SPOILER
It’s too early to be surprised
It’ll be shocking just like always (with things you couldn’t even predict)
Are you ready to clap? For SHINee?
*
As if my body will break down, as if I’ll collapse
I’m the most BEAUTIFUL when I’m standing on stage
Excuse me miss, I sang this song for you from the start
*
My side is for you, who looks stony
Your face, why so serious? (I’ll hitchhike you, who was lost)
RUN AWAY if you don’t wanna fall for me
Sell your evil soul
*
Let’s Go!
*
You didn’t even imagine about this spoiler
It’s too early to be surprised
It’ll be shocking just like always (with things you couldn’t even predict)
Are you ready to clap? For SHINee?
*
You didn’t even imagine about this spoiler (It’s a shocker – GIRLS, GIRLS, GIRLS)
It’s too early to be surprised (Love at first sightPUNCH DRUNK LOVE)
It’ll be shocking just like always (with things you couldn’t even predict)
Are you ready to clap? For SHINee?
*
A passive and stiff music box?
It’s not me – I grasp the world and move it
I will show you my world
*
I’ll go to you so that you won’t notice it
Carefully, secretly (once more, one more time)
The title to decorate the first chapter (to decorate the first chapter)
WHISPERED it in your ear from SHINee
*
Let’s Go! SHINee’s in the house! Let’s Go! Cause SHINee’s in the house, yo!
Let’s Go! SHINee’s in the house! Let’s Go! Cause SHINee’s in the house, yo!
(Tonight tonight tonight night night night Tonight tonight tonight night night night
Tonight tonight tonight night night night Tonight tonight tonight night night night)
*
Gue gak tahu apakah kalian sadar atau tidak sadar tapi gue sih berharap kalian tidak sadar jadi kalian pas baca ini jadi ber-WOW WOW dan ber-KYA KYA gitu. ㅋㅋㅋㅋㅋ Jadi begini, penjelasannya seperti ini. Yang warna BIRU dengan huruf kapital adalah judul-judul lagu yang ada di album ini dan yang warna merah dengan huruf kecil adalah prediksi gue untuk judul lagu di Chapter 2. Kecuali yang warna KUNING dengan huruf besar itu yang kemaren mereka nyanyiin di LOEN TV itu dan kayaknya itu udah fix banget masuk album Chapter 2. (Perhatian, untuk lagu yang judulnya Aside, padanan kata Aside menurut google translate adalah Whisper, so yeah, gue warnain itu sebagai biru).
 
Untuk lagu Spoiler ini sendiri, sesuai dengan judulnya, maksudnya bahwa lagu ini jadi spoiler buat lagu-lagu yang ada di album SHINee yang terbaru ini, jadi besar kemungkinan lirik-lirik yang ada di lagu ini adalah judul lagu untuk album Chapter 2 dan yang merah adalah prediksi gue (ada beberapa kata). Lagu spoiler ini dimulai dengan intro yang sama dengan Sherlock walaupun berakhir dengan toweng toweng ala kaset rusak gitu. Gue pikir awalnya ini cuma kayakintroduction yang 1 menitan tapi ternyata ini lagu toh ya. Hahahaha
 
Intinya sih lagu Spoiler ini SHINee pengen ngasi tahu ke seluruh dunia kalo misalnya sekarang mereka udah comeback dan siap menaklukan dunia gitu. ‘SHINee’s in the house!’ lah pokoknya. Trus mereka juga udah mulai establishing konsep musik dan style mereka. Dan gue sendiri menyetujui itu karena lagu-lagu di album ini memang sangat SHINee sekali. GAK HERAN. Pas baca list komposernya aja udah tewas duluan. Lagu spoiler ini sendiri di compose dan di produseri oleh Thomas Troelsen dan Pegasus. Troelsen pernah memproduseri History-nya EXO dan untuk SHINee sendiri, Troelsen sudah pernah memproduseri SHINee World dan Sherlock (Clue+Note). Yang lain? Satu aja deh, Humanoids-nya TVXQ. 
*
*
DREAM GIRL ada di track kedua dan jadi track untuk promo album ini. Liriknya ditulis oleh Jun Dan-di (sempat kepeleset jadi Geum Jandi tadi ngetiknya) dan produsernya ada beberapa orang yaitu Hyuk Shin, Jordan Kyle, Ross Lara, Dave Cook, & DK. Menurut info dari Kak Korban, Ross Lara itu adalah alumni universitasnya. WAH KEREN YA KAK KORBAN! Hihih sama aja sih, Andien sama Annisa Pohan juga Alumni UI jadi gue keren juga dong ya #NGAREP. Nah si Hyuk Shin ini pasti kalian tahu dong dia pernah upload foto bareng Kyungsoo dan Suho+Baekhyun yang lagi pangku-pangkuan waktu itu. Dia juga sering nge-troll soal EXO comeback kayaknya ya orang ini gue lupa deh. Untuk Jordan Kyle sendiri, gue kayaknya kemaren sempat follow twitternya walaupun gue ragu itu bener punya dia atau nggak. Tapi gue udah unfollow dengan begonya dan gue lupa yang mana akun yang kemaren gue follow karena ada banyak sekali orang bernama Jordan Kyle. Kalau gue nggak salah inget, dia juga ada di list produser salah satu lagu di I Got A Boy.
 
Kalau boleh jujur, lagu SHINee yang jadi title track favorit gue sejauh ini masih Love Like Oxygen sama Lucifer. Ya gue suka Replay juga sih (DAN YA GUE SUKA SEMUA LAGU SHINee!) tapi kalau dimasukin ke 3 besar, posisi 1 pasti Love Like Oxygen, kedua Lucifer, ketiga bolehlah Replay/Ring Ding Dong. Nah, Dream Girl ini kemudian mengacaukan semuanya karena ini lagunya serius bagus dan unik! Walaupun…… ya beberapa kali denger gue merasa lagu ini mirip-mirip kayak lagu lain juga. Misalnya ada bagian yang mirip Juliette, ada bagian yang mirip Mr. Simple, ada bagian yang mirip Sherlock juga.
 
Vocal masing-masing member bener-bener berkembang banget. Taemin terutama. Ada part yang dia nada tinggi teriak gitu dan gue baru sadar hari ini kalo itu suara Taemin, karena biasanya kan Jonghyun kalo gak Onew. Suara Taemin jadi makin bagus dan jadi one of my favorite deh di album ini.
 
히치하이킹–HITCHHIKING adalah salah satu lagu favorit gue di album ini. Walaupun sebenarnya lagu ini masih mirip mirip kayak Dream Girl (kayak yang udah gue jelasin di awal, hampir semua lagu terdengar sama). Ada bagian yang agak-agak mirip Sexy, Free & Single juga siih di lagu ini ㅋㅋㅋ Produser dari lagu Hitchhiking ini sendiri adalah Hitchhiker yang kalau misalnya diliat dari judulnya, emang ini udah mesti banget dia yang bikin. Nama ini sebenarnya nggak asing kalo kalian liat dari lagu-lagu SM artist sebelumnya. Nah, selain Hitchhiker, ada nama-nama seperti Anne Judith Wik & Will Simms juga yang kemaren sukses besar dengan I Got A Boy! Aduh kemaren gue langsung email Paul Kennedy (manajernya Will Simms) dan memuji lagu ini trus dibales sama dia. ㅋㅋㅋ Seneng deh! 
 
Buat yang belom tahu, Hitchhiking ini adalah istilah untuk kalian kalo misalnya lagi ada di sebuah jalan raya trus kesasar, kalian memberhentikan kendaraan lain buat ikutan nimbrung bareng si pemilik kendaraan untuk diantarkan ke tempat yang searah gitu. Kata lainnya adalah NEBENG. Gue jadi ngakak tadi pas mikir ini lagu buat para Nebengers yang emang udah banyak anggot komunitasnya di twitter. Hahahaha Tapi pas gue baca liriknya, BUSET TERNYATA LAGUNYA BAGUS IH ARTINYA. Kurang lebih tuh kayak ‘Aku akan terus nebengin mobil orang beb, cuma biar bisa bersama dengan kamu karena aku gak betah terpisah sama kamu’ kayak gitu lah kira-kira.
*
*
PUNCH DRUNK LOVE persis berada setelah lagu Hitchhiking. Dan sekali lagi gue harus ulangi kalo dua lagu ini terdengar sangat sama. Tapi di saat yang sama sangat SHINee sekali. Lagunya tentang seseorang yang bertemu dengan orang lain yang menarik hatinya kemudian jatuh cinta dan aduh sampe pingsan pingsan karena jatuh cinta. Sampe mimisan. Sampe ngesot ngesot saking lemesnya. Dari judulnya sih udah jelas, mabuk cinta. Liirk masih ditulis Jun Gan-Di dan produser untuk lagu ini adalah Crichlow, Thomas Troelsen & Herbert St. Clair. Nama terakhir yang gue tulis ini pernah memproduseri lagu-lagu Backstret Boys loh! Gimana nggak keren banget SHINee di album ini!
 
GIRLS, GIRLS, GIRLS lagunya agak lebih turun dikit beat-nya daripada tiga lagu sebelumnya. Kalau di album Lucifer, lagu ini kayak WOWOWOW gitu nada-nadanya. Jadi agak-agak apa ya jenis musiknya, campur-campur antara R n B dan Reggae gimana gitu yah. Tercatat Lucas Secon, Thomas Troelsen & Mikkel Remee Sigvardt sebagai produsernya. Remee ini temen se-geng Troelsen dan juga berkontribusi di History-nya EXO dan SPY-nya SJ. 
 
Well, oke, gue suka banget sama lagu ini karena liriknya lucu! Kalo Girls’ Generation punya I Got A Boy yang menceritakan soal cowok yang mereka suka, maka SHINee punya lagu ini yang kurang lebih sama-sama membicarakan orang. Bedanya SHINee membicarakan cewek. 
 
Jadi di lagu ini tuh masing-masing member mengungkapkan pendapat mereka soal cewek gitu karena satu member lagi suka sama cewek trus dia bingung harus bagaimana. Akhirnya member lain ngasi pendapat gitu bagaimana caranya si satu member yang nggak tahu apa-apa soal cewek ini bisa menarik perhatian cewek itu. Ada yang bilang kalo ‘cewek itu mah gampang, lo nyanyiin aja dia satu lagu, maen piano depan dia, pasti langsung bertekuk lutut’, ada lagi yang bilang kalo ‘cewek itu mah cuma mikirin belanja belanja doang. siapin aja duit lo banyak banyak, traktir mereka baju yang lagi nge-trend, udah cukup!’. Ada lagi bagian yang bilang ‘cewek tuh animals of emotion! kasi puisi aja pasti langsung klepek-klepek’. Bagian favorit gue: ‘Why are you all worrying so much? Do you really need to try that hard? Girls don’t look at anything else but Height and face!’ #KemudianKetawaSampaiMati
 
Tapi tenang, dibalik semua pertengkaran pendapat itu, ending lagunya tetep bagus-bagus kok. Dijelasin lagu kalo ternyata cewek itu nggak perlu macem-macem kok, lo tinggal jadi diri lo sendiri aja. Banyak senyum, harus lembut, dll dll. Gitulah lucu lagunya gue suka! Ini semacem cowok baru puber nanya sama cowok yang udah pengalaman pacaran banget gitu nuansanya jadi asik.
*
 
*
“방백” (ASIDE) ini bercerita tentang seorang cowok yang suka sama cewek tapi nggak berani mengungkapkan perasaannya sendiri. Cewek ini sendiri bukan orang yang baru dia kenal, tapi kayak udah sahabatan lama gitu. Nah jadi bingunglah si cowok, kalo dia mau ngomong, dia takut nanti hubungan mereka malah renggang (jadi inget Far Away nya C-Clown deh ㅋㅋㅋ). Trus si cewek akhirnya suka sama cowok lain trus si cowok ini makan hati banget gitu harus kemana mana bareng si cewek sama pacarnya (dalam bayangan gue sih kalo yang ini). Bagian yang paling gue suka dari lagu ini adalah lirik: ‘But some day, I want to put my heart into it And tell you this long-time story as I hold you in my arms’ Sumpah ini kayak fanfiction banget gitu loh! ㅎㅎㅎㅎ 
 
Nah tadi kan di awal sempat gue tulis juga kalo ASIDE ini bisa berarti WISHPER juga tuh. Jadi masuk akal karena di lagu ini, si cowok cuma bisa bisik-bisik ngomong sama dirinya sendiri kalo dia suka sama cewek itu. Gitu…. #ngelessihsebenernya #tapimasukakaljuga
 
Mungkin lagu ini bukan tipe slow mellow galau ya tapi lagunya unyu munyu menyunyu banget lah! Suka banget lah! ADUH BAGUS BAGUS LAGUNYA LAH! Oh iya, lagu ini diproduseri oleh Kenzie & Hwang Hyun.
 
“아름다워” (BEAUTIFUL) sekali lagi ini lagu mirip banget sama Dream Girl. Mulai dari awal sampai akhir mirip apalagi pas bagian reff-nya mirip. Produsernya mayan banyak juga sih dan beberapa diantaranya pasti udah kalian kenal. DOM, Teddy Riley & Richard Garcia pernah bikin The Boys, sementara dua lagi Cha Yong-un & Andrew Choi. FYI, Andrew Choi ini adalah produser untuk lagu EXO yang entah ada di album mana nantinya yang judulnya ‘Baby Don’t Cry’.
 
Lagu ini masih sama dengan lagu-lagu yang sebelumnya, tentang cewek juga. Nah kalo disini, ceritanya ada cewek yang lagu tersakiti gitu trus cowoknya bilang ‘Sini kamu kesini aja beb, sama aku sini aku akan menghapus semua luka-luka kamu gapapa kamu cerita aja semua sama aku aku akan dengerin kok. Kalo kamu sama aku kamu gak akan apa-apa, kamu aman dipelukanku’ #EA #MAMPOS Jadi si cewenya terluka, si cowoknya ini ingin mengobati luka.
 
Bagian yang paling oke sih ‘Your existence alone is beautiful girl…’ kesannya kayak sangat mensyukuri kehidupan sekali. #abaikan Apapun dirimu aku cinta beb. Gitu banget.
*
 
*
“다이너마이트” (DYNAMITE) Nggak heran kalo lagu ini mirip sama lagu di Track 2 karena lagu ini juga diciptakan oleh orang yang sama dengan yang menciptakan Hitchhiking. Diantara semua lagu di album ini, mungkin ini yang paling up-beat dan paling ribut. 
 
Masih bercerita tentang kecintaan pada seseorang, kali ini liriknya lebih menekankan kalo si cowok adalah yang terbaik dari yang lain dan si cewek akan rugi banget kalo gak sama si cowok. So, come and get me. Gitu katanya. Asik musiknya, seperti hal-nya lirik dan judulnya, dynamite, meledak-ledak.
 
RUNAWAY ini adalah lagu terakhir di Chapter 1 ‘Misconceptions of You’ dan sangat oke diletakkan di akhir. Lagunya simple sih sebenarnya, tentang seseorang yang sedang ngajakin orang lain buat kabur ke neverland dan berbahagialah selama masih bisa bahagia. Gue suka lagu ini karena liriknya bikin semangat. Bikin kita nggak perlu mikir dua kali untuk bersenang-senang dan menikmati hidup gitu. Apalagi pas bagian When you become an adult, you’ll be in an unknown country of reality. Let’s run run away’ HAHAHAH Bener banget! Selama kita masih muda masih bisa bergerak bebas, nikmatin aja hidup gitu loh sebelum nanti kita harus ngurusin anak istri dan lain lain. Suka!
 
Produser lagu ini sukses membuat musik yang asik: Kim Young-hoo, Dennis White, Jovan Rangel sementara penulis liriknya, Kim Young-hoo keren banget deh liriknya.
*
 
*
***
 
Kalau bisa kita mengambil kesimpulan, hampir semua lagu di album Misconceptions of You ini adalah tentang cinta, mabuk cinta, mengejar cinta, dan pada akhirnya berbahagia. You disini bisa berarti adalah orang yang dicintai. Singkatnya ini tentang ceweknya lah gitu ya. Nah, kalau ini lagu-lagu tentang cewek-cewek semua, berarti di Misconceptions of Me mungkin isinya lebih ke menjelaskan tentang cowok kali ya. ㅋㅋㅋㅋ
 
Overall, seperti yang sudah gue katakan, gue suka semua lagu SHINee dan sembilan track di album terbaru ini adalah yang terbaik yang akan lo dengarkan sepanjang lo mendengarkan satu album lagu-lagu SHINee! Dijamin! Nggak salah banget SM menerjunkan semua produser dan komposer andalan dan langganan mereka buat bikin album ini dan hasilnya emang nggak sia sia! Gue jadi nggak sabar nunggu Misconceptions of Me deh ah >.< Bulan April ya? MASIH LAMA BUSET.
 
Oke. Next kita akan bahas MV yah! Selamat beristirahat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s